Tuesday, November 30, 2010

Asal Usul Kata 'Pertamax'

Dahulu Saya bingung kenapa setiap orang yang comment pertama selalu bilang pertamax saya kira bbm tow gan hahaha. langsung aja nie ane mau shere dikit.


Pertamax (internet)

Pertamax adalah sebuah istilah internet slang yang beredar di komunitas internet Indonesia, semacam di forum internet atau di sebuah komunitas blog. Istilah ini biasanya digunakan ketika ada seorang pembalas topik yang berhasil menulis sebagai komentator pertama di suatu tulisan tanpa membaca atau memahami tulisan tersebut terlebih dahulu.


Sejarah singkat
Istilah pertamax pertama kali datang di sebuah blog bernama KafeMotor dan dipopulerkan oleh pemilik blog tersebut. Penjelasan yang mungkin dapat menjelaskan darimana asal-usul kata tersebut ditemukan ialah karena blog tersebut mengangkat tema otomotif sebagai bahan pembahasannya. Oleh karena itu, digunakanlah istilah pertamax untuk menandai komentar pertama pada sebuah tulisan. Istilah ini kemudian menyebar ke banyak kalangan blogger Indonesia, yang kemudian diikuti oleh kalangan non-blogger lainnya semisal pada forum internet.

Istilah pertamax ini kemudian juga ditafsirkan dengan pemisahan kata "pertama" dan huruf "x". Pembacaan huruf "x" sebagai "kali" didasarkan atas kebiasaan remaja pada tahun 2005-an yang umum menyingkat kata itu dalam komunikasi tertulis. Sehingga kata pertamax bisa berarti dibaca "pertama kali".

Untuk mencegah komentator pertamax, terkadang pembuat artikel mengisi kolom komentarnya sendiri dengan pertamax atau kalimat yang senada segera setelah merilisnya.

No comments:

Post a Comment